Manfaat Kesehatan di Balik Berhijab

    Al-Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu, menurut al-Jarjani dalam kitabnya at-Ta’rifat mendefinisikan al-Hijab adalah setiap sesuatu yang terhalang dari pencarian kita, dalam arti bahasa berarti  man’u yaitu mencegah, contohnya: Mencegah diri kita dari penglihatan orang lain.

    Dari berbagai pengertian bahasa yang di atas maka kita bisa mengambil sebuah kesimpulan seperti apa yang dikatakan oleh Al-Zabidy dalam kitabnya Taj al-‘Urus bahwa yang dimaksud dengan al-Hijab adalah segala sesuatu yang menghalangi antara kedua belah pihak. Artinya ada sebuah benda yang menghalangi penglihatan kita terhadap orang lain, contohnya, ketika ada dua orang sedang berbicara, tetapi ditengah-tengah mereka terdapat tembok yang besar, sehingga dengan adanya tembok yang besar itu, mengakibatkan kedua orang itu tidak melihat satu sama lain. nah…tembok inilah yang dinamakan al-Hijab.

    Sebagai wanita muslimah diwajibkan bagi kita untuk menggunakan hijab. Namun, terlepas dari ajaran agama. berhijab memiliki manfaat kesehatan lho. manfaat ini berdasarkan beberapa penelitian ilmiah yang ada.

Radiasi Matahari

    Seperti yang telah diketahui, sinar matahari sangat berbahaya jika mengaenai kulit dalam waktu tertentu . berbagai masalah kesehatan akibat akibat sinar UV tersebut antara lain adalah kulit keriput, kerusakan mata, hingga kanker kulit.

    Para ahli kesehatan kemperingatkan orang-orang untuk menggunakan sunblock demi melindungi kulit mereka. Namun, saran terbaik saebenarnya adalah memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh, hijab. Sebagai informasi tambahan, pakaian yang terang dan gelap cenderung mampu merefleksikan sinar UV dibandingkan dengan akaian yang berwarna pastel.

Udara Panas

    Hampir sama seperti matahari, udara panas juga membawa dampak buruk bagi kesehatan, khususnya pada otak. Jadi, ketika udara sedang panas dan seseorang harus keluar rumah, ahli kesehatan menyarankan untuk memakai pakaian yang bisa melindungi diri. Terutama pada bagian mata, kepala, dan leher untuk mengurangi resiko kesehatan yang menyerang otak.

Udara Dingin

    Tubuh yang terkena suhu dingin terlalu lama akan membuat seseorang menderita demam, flu, rasa ngilu, dan gemeteran pada tubuh. Tes kesehatan kemudian membuktikan bahwa 40-60 % panas tubuh menurunakibat udara yang terlalu dingin. Saehingga, orang-orang disarankan menutup kepala dan tubuhnya dengan pakaian tebal demi menjaga panas tubuh tersebut.

Higienis

    Sementara itu, unruk pekerjaan tertentu, ada peraturan untuk menutup kepala demi menjaga kebersihan dilingkungan pekerjaan. Misalnya perawat, pekerja di restoran sepat saji, klinik, dan yang lainnya. Penutp kepalka diharapkan bisa mencegah kontaminasi dan penyebaran virus maupun infeksi.

    Itulah berbagai menfaat keshatan dai memakai hijab. Jika anda juga salah seorang yang menggunkannya, sebaiknya jaga kesehatan rambut mesikipun sepanjang hari kepala selalu tertutup.

#Semoga Bermanfaat…Please comment, ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s