Sinopsis Novel The Lost World


Title of Book    : The Lost World

The Author    : Sir Arthur Conan Doyle

Pages         : 64 pages

Summary        :

Novel ini menceritakan tentang kisah petualangan Edward Malone, seorang jurnalis dari Daily Gazette dan tiga orang rekannya dalam menemukan Dunia yang Hilang (The Lost World).

Pada awalnya ia hanyalah seorang jurnalis biasa, namun ia meminta kepada bosnya yaitu tuan McArdle untuk mengirimnya berpetualang. Karena Malone cukup berprestasi akhirnya tuan McArdle menyetujuinya dan dia menyuruh Malone untuk bertemu dengan Profesor Challenger. Profesor Chalenger adalah seorang ilmuwan yang menemukan dunia yang hilang. Dia akan mengadakan petualangan ke dunia yang hilang tersebut. Oleh karena itu tuan McArdle menyuruh Malone untuk bertemu dengan Profesor Challenger agar dia bisa bergabung kedalam petualangan tersebut.

Setelah itu Malone menemui Profesor Challenger dan Professor Challenger menyuruhnya untuk ikut menghadiri pertemuan antara para peneliti dan profesor-profesor terkenal di Institut Zoologi. Pertemuan tersebut membahas tentang bagaimana proses awal terjadinya bumi, hewan dan tumbuhan pertama dibumi, dan dinosaurus. Saat salah satu professor membahas dinosaurus, ia mengatakan bahwa dinosaurus telah musnah semua. Kemudian professor Challenger membantahnya, ia mengatakan bahwa telah melihat dinosaurus didekat sungai Amazon (dunia yang hilang). Namun tak ada satupun peserta pertemuan yang percaya. Akhirnya ia mengajak para peserta pertemuan tersebut untuk berekspedisi di dunia yang hilang tersebut sekaligus untuk membuktikan apa yang dikatakannya adalah benar. Ada beberapa orang yang tertarik dan ingin ikut bergabung dalam petualangan tersebut. Mereka adalah Profesor Summerlee, John Lord Roxton seorang petualang yang sebelumnya telah mengunjungi daerah-daerah dekat sungai Amazon, Malone dan Profesor Challenger.

Ekspedisipun dimulai. Mereka menjelajahi sungai Amazon dan manaiki dataran tinggi dipandu oleh orang Indian yang bernama Gomez. Setelah mereka sampai didataran tinggi mereka diserang makhluk aneh, itu adalah Pterodactil. Selain itu, mereka juga menemukan Iguanadon, Allosaurus, Stegosaurus, Tiranosaurus dan Megalosaurus. Kemudian mereka melewati sebuah desa permukinan dari ras manusia kera. Kemudian mereka diserang oleh ras manusia kera. Profesor Challenger, Profesor Summerlee, dan Roxton tertangkap oleh manusia kera. Namun Roxton bisa melarikan diri dan bergabung bersama Malone untuk membantu membebaskan Profesor Challenger dan Profesor Summerlee. Akhirnya Malone dan Roxton bisa membebaskan Profesor Challenger dan Profesor Summerlee dangan cara membunuh semua orang ras manusia kera dengan dibantu oleh suku indian yang tinggal disekitar dataran tinggi. Dataran tinggi itu akhirnya bisa dikuasai oleh Suku Indian dan mereka secara keseluruhan.

Setelah mereka rasa cukup berekspedisi, akhirnya mereka memutuskan untuk mengakhiri petualangan mereka. Disaat mereka mencari jalan keluar dari dataran tinggi tersebut mereka menemukan bayi Pterodactil dan bayi pterodaktil itu dibawa ke London. Kemudian akhirnya, mereka menemukan terowongan untuk jalan keluar. Mereka pun kembali ke Inggris tepatnya ke London. Setelah kembali ke Inggris, mereka mengadakan pertemuan kembali dengan para peserta pertemuan yang lalu untuk membuktikan dan menceritakan hasil perjalanan mereka. Mereka menyajikan laporan yang meliputi gambar dan sebuah laporan surat kabar yang dibuat oleh Malone. Namun tetap banyak yang menolak dan tidak percaya seperti yang mereka lakukan terhadap cerita Profesor Challenger saat itu. Yang mereka inginkan adalah bukti nyata bukan berupa gambar ataupun laporan belaka . Akhirnya Profesor Challenger menunjukkan mereka bayi pterodactyl hidup yang mereka bawa sebagai bukti, yang kemudian lolos dan terbang keluar menuju laut. Para peserta pertemuan itu akhirnya percaya atas apa yang diciritakan oleh Profesor Challenger dan ketiga orang yang ikut berpetualang.


3 thoughts on “Sinopsis Novel The Lost World

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s