Wudhu

 

 

Wudhu, sederetan aktivitas yang biasanya kita lakukan sebelum ibadah rutin kita seperi halnya shalat, membaca al-Qur’an d dan sebagainya. Ternyata wudhu bukanlah sekedar aktivitas utnuk menghilangkan hadast kecil dari tubuh kita mencuci tangan, berkumur-kumur, membasuh muka, dan lanjutannya.

Doa-doa indah ini ku temukan di secarik kertas dengan goresan kata-kata yang menginispirasi dalam sebuah buku yang berjudul Raudah. Buku yag ditulis oleh Marwah Daud Ibrahim. Ph, D. Dilembar ketiga setelah ku buka buku itu. Kata “Wudhu” itulah yang ku baca..Wudhu adalah sebuah do’a. Do’a yang begitu indah untuk kita lantukan. Sebuah do’a yang bisa menjadi refleksi kehifupan kita.

“ Diberbagai kesempatan, kubasuh kedua tanganku, aku berdoa agar kedua tangnku ini bisa memberikan manfaat bagi orang lain sebanyak mungkin yang bisa kulakukan dan ku berdoa agar kedua tangan ini Kau jauhkan dari segala yang Kau haramkan………..

Disaat berkumur, ku lantunkan do’a Ya Allah jauhkanlah mulut ini dalam berkata yang tidak baik, semoga lidah ini senantisa berdzikir melantunkan ayat-ayat indahMu, shalawat kepada nabiMu, dan hanyanmengucap kata-kata indah bermanfaat, bijak, dan bermakna. Dan semoga mulutku ini hanya menerima sesuatu yang kau halalkan untuk tubuhku……

Saat hidung dan  wajah ku basuh, ku berdoa agar wajahku hanya menatap kepada sumber pantulan cahayamu dan kau palingkan dari hal yang Kau benci…….

Ketika lengan ku basuh, ku berdoa semoga lengan ini Kau beri kekuatan untuk meluruskan jalan peradaban yang bengkok, menolong mereka yang menderita, teraniaya dan jauh dari rasa keadilan……

Saat dahi dan kepala ku basuh, ku berdoa semoga Kau anugrahi aku dengan ilham, dengan pikiran cemerlang yang bisa memberikan jalan keluar dari setiap permasalahan. Semoga Kau berikan petunjuk agar aku dapat meneyingkap berbagi ilmu dan rahasaMu,….

Ketika kubasuh kedua telingaku, aku mohon kepadaMu agar aku hanya diizinkan olehMu untuk mendengar hal-hal indah , baik, dan bermanfaat….

Dan ketika sepasa kaki kubasuh, aku berdoa agar kaki ku inikau tuntun ke kalan yang penuh keselamatan, terhindardari bencana, dan hanya kulangkahkan kaki ini ke tempat yang keu ridhoi…

Dan akhirnya ku berdoa y aAllah jadikan wudhu ini debagai penyucian diri bukan haaya dari hadst namu kusucian yang membuat jiwa ku senantias tenang, dan dengannya aku siap bertemu, dan behagia dipanggil kembali menghadapMu, ……….

Itulah seuntai do’a indah. Ku coba untuk mengaplikasikanya dalam kehidupanku. Itu membuat ku lebih bisa mengingatNya.

<<<<<Semoga Bermanfaat>>>>

>>>>Maaf ya kata-kata yan kutulis belum bisa beralur,,,proses belajar<<<

17 July 2012, Sunday, 10:41 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s